Buat orang-orang yang super sibuk, tidur bisa dibilang sebagai kemewahan saking sulitnya mengalokasikan waktu untuk berisitirahat. Masalah yang sama juga dialami penderita insomnia karena tidurnya kurang lama atau kurang berkualitas. Jika dibiarkan, gangguan yang awalnya sepele ini bisa berakibat serius.
"Orang yang mengalami insomnia akan kurang tidur dan mengalami proses inflamasi atau peradangan yang bisa menyebabkan gangguan di pembuluh darah, sehingga jantung jadi bisa terganggu atau menimbulkan penyakit. Pada insomnia penderita, angka kesakitannya lebih tinggi seperti mengalami jantung atau demensia," kata dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT pakar kesehatan tidur RS Medistra Jakarta kepada detikHealth seperti ditulis Rabu (31/10/2012).
Rabu, 31 Oktober 2012
Sejarah UGM Universitas Gadjah Mada
Gedung SMT Kotabaru, 24 Januari 1946, kelihatan dipenuhi pengunjung. Mereka adalah orang-orang yang memiliki komitmen yang tinggi terhadap peningkatan martabat manusia Indonesia. Di antara mereka teriihat Mr. Boediarto, Ir. Marsito, Prof. Dr. Prijono, Mr. Soenarjo, Dr. Soleiman, Dr. Buntaran, Dr. Soeharto. Mereka bermaksud mendirikan Balai Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta.
Dalam pertemuan itu, Mr. Soenarjo, menegaskan bahwa di Jakarta, NICA sudah mendirikan Universitas. Bangsa Indonesia tidak boleh gagal mendirikan universitas. "Lebih- lebih sekarang, pada waktu pembangunan, waktu kita butuhkan bermacam-macam ilmu pengetahuan", tambah Mr. Soenarjo.Pertemuan di atas diikuti oleh beberapa pertemuan berikutnya, salah satunya adalah pertemuan di Gedung KNI Malioboro, tanggal 3 Maret 1946. Dalam pertemuan ini, diumumkan berdirinya Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada, yang terdiri atas Fakultas Hukum dan Fakultas Kesusasteraan.
Banyak orang tidak suka ikan segar karena terganggu oleh bau dan rasanya yang amis. Padahal menurut ahli gizi, makin amis ikan yang dimakan maka omega 3 yang dikandungnya makin bagus. Bagi para lelaki, nutrisi ini bagus untuk sperma. Asupan asam lemak omega 3 memang berhubungan dengan tingkat kesuburan para lelaki. Sebuah penelitian membuktikan, suplementasi omega 3 selama 32 pekan bisa meningkatkan konsentrasi sperma, jumlah sel sperma, pergerakan sperma serta kualitas bentuk sepermanya. Asam lemak omega 3 bisa ditemukan di berbagai jenis makanan, tetapi yang paling utama adalah ikan segar misalnya salmon. Sayangnya banyak orang tidak suka mengonsumsi ikan segar karena baunya amis, bahkan kadang masih tersisa sedikit baunya meski sudah dimasak. "Pernah makan salmon? Bagaimana rasanya, amis kan? Nah, makin amis berarti omega 3-nya makin luar biasa," kata Dr Saptawati Bardosono, SpGK, ahli gizi dari Universitas Indonesia (UI) dalam Seminar Premarital Nutritions di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Depok, Rabu (31/10/2012). Selain untuk memperbaiki kesuburan lelaki, omega 3 juga dikenal sebagai nutrisi otak yang sangat bagus. Karenanya tidak perlu heran jika banyak yang menganjurkan untuk membudayakan makan ikan jika ingin membentuk sebuah bangsa yang cerdas secara intelektual. Dalam hal ini Dr Saptawati atau yang lebih akrab disapa Dr Tati menyesalkan kebiasaan sebagian nelayan di Indonesia. Hasil laut di negara ini melimpah, tetapi tidak terlalu dimanfaatkan dan malah dijual lalu uangnya lebih banyak digunakan untuk beli rokok. Mengomentari kaum vegetarian yang tidak makan ikan, Dr Tati menganjurkan suplementasi atau pemberian suplemen omega 3. Sayur-sayuran hijau sebenarnya juga mengandung omega 3, tetapi kadarnya tidak sebanyak pada ikan laut dalam sehingga kurang mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut.
Banyak orang tidak suka ikan segar karena terganggu oleh bau dan rasanya yang amis. Padahal menurut ahli gizi, makin amis ikan yang dimakan maka omega 3 yang dikandungnya makin bagus. Bagi para lelaki, nutrisi ini bagus untuk sperma.
Asupan asam lemak omega 3 memang berhubungan dengan tingkat kesuburan para lelaki. Sebuah penelitian membuktikan, suplementasi omega 3 selama 32 pekan bisa meningkatkan konsentrasi sperma, jumlah sel sperma, pergerakan sperma serta kualitas bentuk sepermanya.
Asam lemak omega 3 bisa ditemukan di berbagai jenis makanan, tetapi yang paling utama adalah ikan segar misalnya salmon. Sayangnya banyak orang tidak suka mengonsumsi ikan segar karena baunya amis, bahkan kadang masih tersisa sedikit baunya meski sudah dimasak.
"Pernah makan salmon? Bagaimana rasanya, amis kan? Nah, makin amis berarti omega 3-nya makin luar biasa," kata Dr Saptawati Bardosono, SpGK, ahli gizi dari Universitas Indonesia (UI) dalam Seminar Premarital Nutritions di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Depok, Rabu (31/10/2012).
Selain untuk memperbaiki kesuburan lelaki, omega 3 juga dikenal sebagai nutrisi otak yang sangat bagus. Karenanya tidak perlu heran jika banyak yang menganjurkan untuk membudayakan makan ikan jika ingin membentuk sebuah bangsa yang cerdas secara intelektual.
Dalam hal ini Dr Saptawati atau yang lebih akrab disapa Dr Tati menyesalkan kebiasaan sebagian nelayan di Indonesia. Hasil laut di negara ini melimpah, tetapi tidak terlalu dimanfaatkan dan malah dijual lalu uangnya lebih banyak digunakan untuk beli rokok.
Mengomentari kaum vegetarian yang tidak makan ikan, Dr Tati menganjurkan suplementasi atau pemberian suplemen omega 3. Sayur-sayuran hijau sebenarnya juga mengandung omega 3, tetapi kadarnya tidak sebanyak pada ikan laut dalam sehingga kurang mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut.
Asupan asam lemak omega 3 memang berhubungan dengan tingkat kesuburan para lelaki. Sebuah penelitian membuktikan, suplementasi omega 3 selama 32 pekan bisa meningkatkan konsentrasi sperma, jumlah sel sperma, pergerakan sperma serta kualitas bentuk sepermanya.
Asam lemak omega 3 bisa ditemukan di berbagai jenis makanan, tetapi yang paling utama adalah ikan segar misalnya salmon. Sayangnya banyak orang tidak suka mengonsumsi ikan segar karena baunya amis, bahkan kadang masih tersisa sedikit baunya meski sudah dimasak.
"Pernah makan salmon? Bagaimana rasanya, amis kan? Nah, makin amis berarti omega 3-nya makin luar biasa," kata Dr Saptawati Bardosono, SpGK, ahli gizi dari Universitas Indonesia (UI) dalam Seminar Premarital Nutritions di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Depok, Rabu (31/10/2012).
Selain untuk memperbaiki kesuburan lelaki, omega 3 juga dikenal sebagai nutrisi otak yang sangat bagus. Karenanya tidak perlu heran jika banyak yang menganjurkan untuk membudayakan makan ikan jika ingin membentuk sebuah bangsa yang cerdas secara intelektual.
Dalam hal ini Dr Saptawati atau yang lebih akrab disapa Dr Tati menyesalkan kebiasaan sebagian nelayan di Indonesia. Hasil laut di negara ini melimpah, tetapi tidak terlalu dimanfaatkan dan malah dijual lalu uangnya lebih banyak digunakan untuk beli rokok.
Mengomentari kaum vegetarian yang tidak makan ikan, Dr Tati menganjurkan suplementasi atau pemberian suplemen omega 3. Sayur-sayuran hijau sebenarnya juga mengandung omega 3, tetapi kadarnya tidak sebanyak pada ikan laut dalam sehingga kurang mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut.
Sabtu, 27 Oktober 2012
Sejarah Universitas Brawijaya
Nama Universitas Brawijaya (disingkat UB) diresmikan sebagai
Universitas Negeri pada tahun 1963. Saat ini UB merupakan salah satu
universitas negeri yang terkemuka di Indonesia yang mempunyai jumlah
mahasiswa lebih dari 30 ribu orang dari berbagai strata. Jumlah tersebut
meliputi program Diploma, Sarjana, Magister, Doktor dan Spesialis yang
tersebar dalam 12 fakultas dan dua program pendidikan.
Kampus UB berada di kota Malang Jawa Timur, dengan lokasi yang mudah terjangkau oleh kendaraan umum. Kampusnya sangat asri karena banyaknya pepohonan dan ditunjang oleh hawa sejuk kota Malang. Sejarah membuktikan keberadaan Kota Malang sebagai kota pendidikan tempat UB tumbuh dan berkembang pesat. Ini tidak terjadi dengan sendirinya tapi seakan merupakan proses sejarah yang tidak terpisahkan dari kejayaan Jawa Timur di masa lampau.
Nama Universitas Brawijaya diberikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui kawat nomor 258/K/61 tanggal 11 Juli 1961. Nama ini berasal dari gelar Raja-Raja Majapahit yang merupakan kerajaan besar di Indonesia pada abad 12 sampai 15. Universitas Brawijaya dinegerikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 196 tahun 1963 dan berlaku sejak 5 Januari 1963. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari lahir (Dies Natalis) Universitas Brawijaya. Perjalanan Universitas Brawijaya sebelum dinegerikan diawali pada tahun 1957 di Malang berdiri cabang Universitas Sawerigading Makassar yang hanya terdiri dari dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi. Kemudian pada tanggal 1 Juli 1960 diganti namanya menjadi Universitas Kotapraja Malang. Dibawah naungan Universitas tersebut beberapa bulan berikutnya terdapat tambahan dua fakultas yaitu Fakultas Administrasi Niaga (FAN) dan Fakultas Pertanian (FP). Universitas Kotapraja Malang inilah yang kemudian diganti namanya menjadi Universitas Brawijaya.
Kampus UB berada di kota Malang Jawa Timur, dengan lokasi yang mudah terjangkau oleh kendaraan umum. Kampusnya sangat asri karena banyaknya pepohonan dan ditunjang oleh hawa sejuk kota Malang. Sejarah membuktikan keberadaan Kota Malang sebagai kota pendidikan tempat UB tumbuh dan berkembang pesat. Ini tidak terjadi dengan sendirinya tapi seakan merupakan proses sejarah yang tidak terpisahkan dari kejayaan Jawa Timur di masa lampau.
Nama Universitas Brawijaya diberikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui kawat nomor 258/K/61 tanggal 11 Juli 1961. Nama ini berasal dari gelar Raja-Raja Majapahit yang merupakan kerajaan besar di Indonesia pada abad 12 sampai 15. Universitas Brawijaya dinegerikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 196 tahun 1963 dan berlaku sejak 5 Januari 1963. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari lahir (Dies Natalis) Universitas Brawijaya. Perjalanan Universitas Brawijaya sebelum dinegerikan diawali pada tahun 1957 di Malang berdiri cabang Universitas Sawerigading Makassar yang hanya terdiri dari dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi. Kemudian pada tanggal 1 Juli 1960 diganti namanya menjadi Universitas Kotapraja Malang. Dibawah naungan Universitas tersebut beberapa bulan berikutnya terdapat tambahan dua fakultas yaitu Fakultas Administrasi Niaga (FAN) dan Fakultas Pertanian (FP). Universitas Kotapraja Malang inilah yang kemudian diganti namanya menjadi Universitas Brawijaya.
Sekilas Universitas Brawijaya
Tahun berdiri | 1963 |
Lokasi | Jl. Veteran Malang, Jawa Timur, Indonesia 85 KM dari kota Surabaya |
Rektor | Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito |
Fakultas | 12 |
Program Pendidikan | 2 |
Dosen | 1.482 orang |
Guru Besar | 179 orang |
Mahasiswa | 30.278 orang |
Mahasiswa Baru | 8.605 orang |
Lulusan Tahun 2009 | 7.502 orang |
Koordinat | 112° 36' 45.88" E 7° 57' 20.00" S |
Elevasi | 492 m (diatas permukaan laut) |
Luas Area Kampus | 1.813.664 m² |
Website | www.ub.ac.id |
Alamat Kontak | Telepon +62 0341-551611 Fax +62 0341-565420 Email webmaster[at]ub.ac.id Surat Universitas Brawijaya Jl. Veteran Malang 65145 Indonesia |
Minggu, 21 Oktober 2012
Profil Dan Biodata Lengkap Lionel Mess
Lionel Messi, adalah pesepakbola hebat asal Argentina yang kini membela Klub asal Spanyol Barcelona. Tidak bisa dipungkiri, pemain yang akrab disapa Leo ini, adalah salah satu pemain terbaik di dunia saat ini, hal itu dibuktikannya dengan meraih penghargaan sebaik Pemain Terbaik Dunia 2010. Lionel Messi memang tidak memiliki postur ideal sebagai pesepakbola Internasonal, namun pemain yang dijuluki The Next Maradona ini, memiliki kelincahan yang membuat dirinya susah untuk dihadang oleh bek lawan. Messi memulai karir sepakbolanya di Newell's Old Boys, dan hingga sekarang bermain untuk Barcelona. Bagi anda penggemar atau Fans dariLionel Messi, pasti ingin mengetahui Profil Pemain dan Biodata lengkapnya. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan Profil serta Biodatalengkap dari pemain top dunia ini. Berikut Profiles dan Biografi lengkap dari Lionel Messi.
Lionel Andrés Messi (lahir di Rosario, 24 Juni 1987; umur 23 tahun) adalah seorang pemain sepakbola asal Argentina. Posisinya adalah penyerang. Saat ini ia memperkuat FC Barcelona di Liga Spanyol. Kemampuannya sering membuatnya dijuluki sebagai "Diego Maradona baru".
Lionel Andrés Messi (lahir di Rosario, 24 Juni 1987; umur 23 tahun) adalah seorang pemain sepakbola asal Argentina. Posisinya adalah penyerang. Saat ini ia memperkuat FC Barcelona di Liga Spanyol. Kemampuannya sering membuatnya dijuluki sebagai "Diego Maradona baru".
Biodata Profil Kangen Band
Biodata Profil Kangen Band
Kangen Band adalah grup musik dari Indonesia. Anggotanya berjumlah 6 orang yaitu Dodhy, Andika, Tama, Iim, Bebe, dan Izzy. Grup musik ini dibentuk pada tahun 2005 di Lampung. Lagu populernya ialah Tentang Bintang,dan lagu adaptasi dangdutnya adalah Selingkuh. Oleh beberapa pihak yang iri dan tidak suka, band ini dianggap tidak berkualitas. Band ini dianggap tidak mempunyai musikalitas, meskipun begitu band ini cukup sering direquest oleh pendengar radio.
Walaupun terdaftar sebagai group band di belantika musik Indonesia, band ini memiliki prestasi untuk sebuah band underdog, band ini mampu mengumpulkan massa dan fans tanpa satupun videoklip milik mereka yang diputar di TV. Otomatis band ini menuai jajaran penggemarnya lewat penyebaran CD dan VCD bajakan.
Ada gosip bahwa mereka sudah mempunyai 472 stok lagu yang diciptakan oleh mereka sendiri yang sudah ada di album perdana Kangen Band dan album Kangen Bandberikutnya. Pada tahun 2007, mereka membintangi sebuah sinetron berjudul Aku Memang Kampungan, yang bercerita tentang perjalanan karier mereka.
Setahun usai album perdana dirilis, Kangen Band kembali mengeluarkan album kedua. Album bertajuk Bintang 14 Hari ini menyajikan warna musik yang berbeda dengan menampilkan unsur Melayu dan mengeksplorasi unsur Jawa. Di album ini,Kangen Band menggaet arranger Andi Bayau dan masih setia dengan backing vocal Eren.
Pada 6 Mei 2009 Kangen Band meluncurkan album ketika mereka. Album yang menjagokan lagu "Terbang Bersamaku" ini diberi judul Pujaan Hati.
Selain bermusik, Kangen Band juga akan menjajal dunia layar lebar. Hal ini terkait dengan kisah hidup Kangen Band yang akan diangkat ke layar lebar. Film ini nantinya akan disutradarai oleh Lola Amaria.
Demikian postingan tentang Biodata Profil Kangen Band. Semoga bermanfaat
Berikut ini foto dan Gambar Kangen Band
Kangen Band, bioadata Kangen Band, profil Kangen Band, Band kangen, sejarah Kangen Band
Biografi KH. Abdul Wahab Hasbullah
KH. Abdul Wahab Hasbullah adalah seorang ulama yang sangat alim dan tokoh besar dalam NU dan bangsa Indonesia. Beliau dilahirkan di Desa Tambakberas, Jombang, Jawa Timur pada bulan Maret 1888. silsilah KH. Abdul Wahab Hasbullah bertemu dengan silsilah KHM. Hasyim Asy’ari pada datuk yang bernama Kiai Shihah.
Sabtu, 20 Oktober 2012
Biodata Lengkap Personil Coboy Junior
Coboy Junior – pasti udah nggak asing lagi ditelinga kalian. Yups, Coboy Junior atau yang biasa dikenal dengan Coboy Jr adalah boyband baru yang personilnya anak-anak muda yaitu Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan, Bastian Bintang Simbolon, Teuku Rizky Muhammad dan Alvaro Maldini Siregar. Mau tau lebih lanjut mengenai Boyband Coboy Junior ? Ga usah khawatir kali ini Terpopuler akan memberikanBiodata Coboy Junior Lengkap dan Video Coboy Junior. Langsung aja ya berikut ini Biodata Lengkap Personil Coboy Junior Jr.
Biodata Coboy Junior
Biografi KH Abdul Wahab Hasbullah
Lahir di Tambakberas, Jombang, pada bulan Maret 1888 M. Ayahanda KH Abdul Wahab Hasbullah adalah Kyai Said, Pengasuh Pesantren Tambakberas Jombang Jawa Timur, sedangkan Ibundanya bernama Fatimah. KH Abdul Wahab Hasbullah adalah seorang ulama yang berpandangan modern, da’wah beliau dimulai dengan mendirikan media massa atau surat kabar, yaitu harian umum “Soeara Nahdlatul Oelama” atau Soeara NO dan Berita Nahdlatul Ulama.Beliau juga seorang pelopor dalam membuka forum diskusi antar ulama, baik di lingkungan NU, Muhammadiyah dan organisasi lainnya. Ia belajar di Pesantren Langitan Tuban, Pesantren Mojosari Nganjuk, Pesantren Tawangsari Sepanjang, belajar pada Syaikhona R. Muhammad Kholil Bangkalan Madura, dan Pesantren Tebuireng Jombang di bawah asuhan Hadratusy Syaikh KH. M. Hasyim Asy‘ari. Disamping itu, Kyai Wahab juga merantau ke Makkah untuk berguru kepada Syaikh Mahfudz at-Tirmasi dan Syaikh Al-Yamani dengan hasil nilai istimewa.
Kyai. Wahab merupakan bapak Pendiri NU setelah Hadratusy Syaikh KH. M. Hasyim Asy’ari. Selain itu juga pernah menjadi Panglima Laskar Mujahidin (Hizbullah) ketika melawan penjajah Jepang. Beliau juga tercatat sebagai anggota DPA bersama Ki Hajar Dewantoro. Tahun 1914 mendirikan kursus bernama “Tashwirul Afkar”.
Tahun 1916 mendirikan Organisasi Pemuda Islam bernama Nahdlatul Wathan, kemudian pada 1926 menjadi Ketua Tim Komite Hijaz. Pada perang melawan penjajah Jepang beliau berhasil membebaskan KH. M. Hasyim Asy’ari dari penjara ketika ditahan Jepang. Kyai Wahab juga seorang pencetus dasar-dasar kepemimpinan dalam organisasi NU dengan adanya dua badan, Syuriyah dan Tanfidziyah sebagai usaha pemersatu kalangan Tua dengan Muda. Akhirnya KH. Abdul Wahab Hasbullah dipanggil menghadap ke haribaan-Nya pada Rabu 12 Dzul Qa’dah 1391 H atau 29 Desember 1971 tepat pukul 10.00 WIB, empat hari setelah MUKTAMAR NU ke-25.
Pelopor Kebebasan Berpikir
KH. A. Wahab Hasbullah adalah pelopor kebebasan berpikir di kalangan Umat Islam Indonesia, khususnya di lingkungan nahdhiyyin. KH. A. Wahab Hasbullah merupakan seorang ulama besar Indonesia. Beliau merupakan seorang ulama yang menekankan pentingnya kebebasan dalam keberagamaan terutama kebebasan berpikir dan berpendapat. Untuk itu kyai Abdul Wahab Hasbullah membentuk kelompok diskusi Tashwirul Afkar (Pergolakan Pemikiran) di Surabaya pada 1941.
Mula-mula kelompok ini mengadakan kegiatan dengan peserta yang terbatas. Tetapi berkat prinsip kebebasan berpikir dan berpendapat yang diterapkan dan topik-topik yang dibicarakan mempunyai jangkauan kemasyarakatan yang luas, dalam waktu singkat kelompok ini menjadi sangat populer dan menarik perhatian di kalangan pemuda. Banyak tokoh Islam dari berbagai kalangan bertemu dalam forum itu untuk memperdebatkan dan memecahkan permasalahan pelik yang dianggap penting.
Tashwirul Afkar tidak hanya menghimpun kaum ulama pesantren. Ia juga menjadi ajang komunikasi dan forum saling tukar informasi antar tokoh nasional sekaligus jembatan bagi komunikasi antara generasi muda dan generasi tua. Karena sifat rekrutmennya yang lebih mementingkan progresivitas berpikir dan bertindak, maka jelas pula kelompok diskusi ini juga menjadi forum pengkaderan bagi kaum muda yang gandrung pada pemikiran keilmuan dan dunia politik.
Bersamaan dengan itu, dari rumahnya di Kertopaten, Surabaya, Kyai Abdul Wahab Hasbullah bersama KH. Mas Mansur menghimpun sejumlah ulama dalam organisasi Nahdlatul Wathan (Kebangkitan Tanah Air) yang mendapatkan kedudukan badan hukumnya pada 1916. Dari organisasi inilah Kyai Abdul Wahab Hasbullah mendapat kepercayaan dan dukungan penuh dari ulama pesantren yang kurang-lebih sealiran dengannya. Di antara ulama yang berhimpun itu adalah Kyai Bisri Syansuri (Denanyar Jombang), Kyai Abdul Halim, (Leimunding Cirebon), Kyai Alwi Abdul Aziz, Kyai Ma’shum (Lasem) dan Kyai Cholil (Kasingan Rembang).
Kebebasan berpikir dan berpendapat yang dipelopori Kyai Wahab Hasbullah dengan membentuk Tashwirul Afkar merupakan warisan terpenting beliau kepada kaum muslimin Indonesia. Kyai Wahab telah mencontohkan kepada generasi penerusnya bahwa prinsip kebebasan berpikir dan berpendapat dapat dijalankan dalam nuansa keberagamaan yang kental. Prinsip kebebasan berpikir dan berpendapat tidak akan mengurangi ruh spiritualisme umat beragama dan kadar keimanan seorang muslim. Dengan prinsip kebebasan berpikir dan berpendapat, kaum muslim justru akan mampu memecahkan problem sosial kemasyarakatan dengan pisau analisis keislaman.
Pernah suatu ketika Kyai Wahab didatangi seseorang yang meminta fatwa tentang Qurban yang sebelumnya orang itu datang kepada Kyai Bisri Syansuri. “Bahwa menurut hukum Fiqih berqurban seekor sapi itu pahalanya hanya untuk tujuh orang saja”, terang Kyai Bisri. Akan tetapi Si Fulan yang bertanya tadi berharap anaknya yang masih kecil bisa terakomodir juga. Tentu saja jawaban Kyai Bisri tidak memuaskan baginya, karena anaknya yang kedelapan tidak bisa ikut menikmati pahala Qurban. Kemudian oleh Kyai Wahab dicarikan solusi yang logis bagi Si Fulan tadi. “Untuk anakmu yang kecil tadi belikan seekor kambing untuk dijadikan lompatan ke punggung sapi”, seru kyai Wahab.
Dari sekelumit cerita di atas tadi, kita mengetahui dengan jelas bahwa seni berdakwah di masyarakat itu memerlukan cakrawala pemikiran yang luas dan luwes. Kyai Wahab menggunakan kaidah Ushuliyyah “Maa laa yudraku kulluh, laa yutraku julluh”, Apa yang tidak bisa diharapkan semuanya janganlah ditinggal sama sekali. Di sinilah peranan Ushul Fiqih terasa sangat dominan dari Fiqih sendiri.
Kini, di tengah nuansa keberagamaan masyarakat yang terjebak pada dogmatisme, kita merindukan hadirnya kembali sosok Kyai Wahab Hasbullah dengan Tashwirul Afkar-nya yang telah mencerahkan dan mencerdaskan umat dengan prinsip kebebasan berpikirnya.
Seorang Inspirator GP Ansor
Dari catatan sejarah berdirinya GP Ansor dilahirkan dari rahim Nahdlatul Ulama (NU). Berawal dari perbedaan antara tokoh tradisional dan tokoh modernis yang muncul di tubuh Nahdlatul Wathan, organisasi keagamaan yang bergerak di bidang pendidikan Islam, pembinaan mubaligh dan pembinaan kader. KH. Abdul Wahab Hasbullah, tokoh tradisional dan KH. Mas Mansyur yang berhaluan modernis, akhirnya menempuh arus gerakan yang berbeda justru saat tengah tumbuhnya semangat untuk mendirikan organisasi kepemudaan Islam. Dua tahun setelah perpecahan itu, pada 1924 para pemuda yang mendukung KH. Abdul Wahab Hasbullah –yang kemudian menjadi pendiri NU– membentuk wadah dengan nama Syubbanul Wathan (Pemuda Tanah Air).
Organisasi inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Gerakan Pemuda Ansor setelah sebelumnya mengalami perubahan nama seperti Persatuan Pemuda NU (PPNU), Pemuda NU (PNU), dan Anshoru Nahdlatul Oelama (ANO).
Nama Ansor ini merupakan saran KH. Abdul Wahab Hasbullah —ulama besar sekaligus guru besar kaum muda saat itu, yang diambil dari nama kehormatan yang diberikan Nabi Muhammad SAW kepada penduduk Madinah yang telah berjasa dalam perjuangan membela dan menegakkan agama Allah. Dengan demikian ANO dimaksudkan dapat mengambil hikmah serta tauladan terhadap sikap, perilaku dan semangat perjuangan para sahabat Nabi yang mendapat predikat Ansor tersebut. Gerakan ANO harus senantiasa mengacu pada nilai-nilai dasar sahabat Ansor, yakni sebagi penolong, pejuang dan bahkan pelopor dalam menyiarkan, menegakkan dan membentengi ajaran Islam.
Meski ANO dinyatakan sebagai bagian dari NU, secara formal organisatoris belum tercantum dalam struktur organisasi NU. Baru pada Muktamar NU ke-9 di Banyuwangi, tepatnya pada tanggal 10 Muharram 1353 H atau 24 April 1934, ANO diterima dan disahkan sebagai bagian (departemen) pemuda NU. Dimasukkannya ANO sebagai salah satu departemen dalam struktur kelembagaan NU berkat perjuangan kiai-kiai muda seperti KH. Machfudz Siddiq, KH. A. Wahid Hasyim, KH. Dachlan Kertosono, Thohir Bakri dan Abdullah Ubaid serta dukungan dari ulama senior KH. Abdul Wahab Hasbullah.
Sementara itu, peran KH. Mohammad Chusaini Tiway terlihat pada masa pendudukan Jepang, dimana pada saat itu organisasi-organisasi pemuda diberangus oleh pemerintah kolonial Jepang termasuk ANO. Setelah revolusi fisik (1945 – 1949) usai, tokoh ANO Surabaya, Moh. Chusaini Tiway, mengemukakan ide untuk mengaktifkan kembali ANO. Ide ini mendapat sambutan positif dari KH. A. Wahid Hasyim – Menteri Agama RIS kala itu, maka pada 14 Desember 1949 lahir kesepakatan membangun kembali ANO dengan nama baru, yakni Gerakan Pemuda Ansor, disingkat Pemuda Ansor (kini lebih pupuler disingkat GP Ansor).
Kyai Wahab memang tokoh NU yang inspiring bagi siapa saja yang mengenalnya. Ketokohannya sangat fenomenal dan membangkitkan semangat terutama bagi kalangan kaum muda. Kita sebagai mahasiswa dalam konteks agen perubahan sosial (agent social of change) dan generasi muda hanya bisa berharap muncul Kyai Wahab-Kyai Wahab lainnya atau justru menggantikan peran Mbah Kyai Wahab yang mampu mengawal kemajuan bangsa Indonesia untuk kepentingan Islam dan kaum muslimin. Semoga amal ibadah dan perjuangan beliau diterima disisi-Nya. Amien yaa rabb.
Biografi Gus Dur
Jakarta (ANTARA News) - Kyai Haji Abdurrahman Wahid, akrab dipanggil Gus Dur lahir di Jombang, Jawa Timur, 7 September 1940 dari pasangan Wahid Hasyim dan Solichah.
Guru bangsa, reformis, cendekiawan, pemikir, dan pemimpin politik ini menggantikan BJ Habibie sebagai Presiden RI setelah dipilih MPR hasil Pemilu 1999. Dia menjabat Presiden RI dari 20 Oktober 1999 hingga Sidang Istimewa MPR 2001.
Ia lahir dengan nama Abdurrahman Addakhil atau "Sang Penakluk", dan kemudian lebih dikenal dengan panggilan Gus Dur. "Gus" adalah panggilan kehormatan khas pesantren kepada anak kiai.
Guru bangsa, reformis, cendekiawan, pemikir, dan pemimpin politik ini menggantikan BJ Habibie sebagai Presiden RI setelah dipilih MPR hasil Pemilu 1999. Dia menjabat Presiden RI dari 20 Oktober 1999 hingga Sidang Istimewa MPR 2001.
Ia lahir dengan nama Abdurrahman Addakhil atau "Sang Penakluk", dan kemudian lebih dikenal dengan panggilan Gus Dur. "Gus" adalah panggilan kehormatan khas pesantren kepada anak kiai.
Jumat, 19 Oktober 2012
biodata wali Biografi dan profil nya juga
pada kesempatan kali ini sedikit share mengenai wali band yang mungkin sudah kenal dengan lagu lagunya yang galau berwarnakan aliran musik yang beda tentunya, di samping itu juga lagu lagunya religi yang membuat hati terenyuh dan semangat untuk beribadah, nahhh bicara tentang wali berikut adalah biodata wali yang mungkin bisa sedikit untuk lebih tahu riwayat dan berjuangan band ini silahkan disimak.
Band WALI terbentuk pada tanggal 31 oktober 1999, yang sebelumnya bernama FIERA, dengan personel Faank (Vocal), Tomi (Drum), Endang (Bass), Raden (Guitar II), dan, Apoy (Guitar I).
Jumat, 12 Oktober 2012
TIPS UNTUK MENGERJAKAN SOAL BAHASA INDONESIA SAAT UN SMP
· Masuk ruangan dengan PEDE tenangkan hati anggap saja ulangan biasa tetapi tetap focus
· Berdoa sebelum maupun sesudah mengerjakan soal
· oke kita menuju ke soal
· Gagasan utama --> bacalah dengan teliti awal paragraf dan akhir paragraph.
· Kritik/tanggapan --> pilihlah jawaban kritik/tanggapan baik dengan tujuan membangun.
· Kesamaan informasi pada berita --> informasi berita satu dan dua yang mengacu pada persamaan
· Perbedaan
informasi pada berita --> jika dalam paragraph ada 3 kalimat dan
pertanyaan maka setiap kalimat untuk menjawab satu pertanyaan
· Isi berita --> informasi yang disampaikan bisa di awal kalimat atau inti paragraph
· Kalimat opini/pendapat --> yang belum pasti/meragukan/belumterjadi
· Kalimat fakta --> sudah terjadi, jelas, pasti dan bisa dibuktikan
· Simpulan --> bacalah kalimat pertama atau inti paragraph
· Rangkuman
--> apabila hanya ada satu paragraph maka rangkuman inti dari
kalimat-kalimat yang dipentingkan secara urut atau runtut. Apabila lebih
dari satu paragraph maka rangkuman terdiri dari inti paragraph pertama
nyambung ke paragraph berikutnya
· Gagasan utama tajuk --> inti permasalahan yang dipentingkan
· Keperpihakan tajuk --> yang dibela/di utamakan/di pentingkan
· Grafik/label/bagan --> jawaban dibuktikan dalam grafik
· Latar tempat cerpen atau novel --> dimana tokoh utama berada
· Amanat --> pesan yang disampaikan atau biasanya menjadi pedoman hidup kita
· Catatan buku harian --> hari,tanggal,waktu peristiwa yang dilakukan diri sendiri dan paling berkesan mengandung motivasi
· Memo --> dari atasan ke bawahan, garis bawahi perintah atau permohonan dari memo (agar,supaya,…)
· Iklan baris --> dipilih yang paling lengkap identitas iklan dan yang dihubungi paling jelas
· Penulisan daftar pusaka --> nama,dibalik. Tahun. Judul. Kota : Penerbit.
· Latar belakang karya ilmiah --> yang mendasari tujuan menulis
· Rumusan masalah karya ilmiah --> pertanyaan yang bisa dijabarkan dalam bahasa
· Pantun --> sajak ABAB, baris 1-2 sampiran, baris 3-4 isi apabila suruh membalas lihat dari isi pantun yang ada hubungannya
· Puisi rumpang --> diksi yang tepat, biasanya mengandung majas dan sesuai pajak
· Citraan puisi --> kalimat itu menggunakan indra apa
· Drama yang rumpang --> perhatikan sebelum dan sesudah rumpang
· Kalimat tidak efektif --> kalimat yang tidak nyambung
· Sudut
pandang --> orang pertama pelaku utama = pelakunya orang pertama
(aku,saya,kami).; orang pertama pelaku samping = orang pertama yang
menceritakan orang lain.; Orang ketiga pelaku utama = orang ketiga
pelaku utama = orang ketiga sebagai peran utama.; orang ketiga pelaku
samping = tokoh lain orang ketiga pelaku utama.
· Slogan --> kalimat menarik, indah, puitis dan mengandung motivasi
Minggu, 07 Oktober 2012
Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SMP/MTs Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2011/2012
1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
NO | KOMPETENSI |
INDIKATOR
|
1 | Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi, artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama). | Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks. |
Menentukan persamaan isi berita. | ||
Menentukan perbedaan penyajian berita. | ||
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan. | ||
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan. | ||
Menyimpulkan isi paragraf. | ||
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah. | ||
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi. | ||
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak. | ||
Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel. | ||
Mengidentifikasi unsur intrinsik drama. | ||
2. | Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama. | Menulis catatan pengalaman pada buku harian. |
Menulis pesan singkat sesuai konteks. | ||
Menulis laporan/pengumuman/resensi. | ||
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca. | ||
Menulis rangkuman. | ||
Menulis teks berita sesuai konteks Menulis slogan sesuai konteks. | ||
Menulis iklan sesuai konteks. | ||
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu. | ||
Menulis teks pidato. | ||
Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka. | ||
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata. | ||
Melengkapi pantun. | ||
Melengkapi puisi. | ||
Melengkapi naskah drama. |
kisi-kisi UNAS SMP/MTs B.inggris 2011/2012
NO | KOMPETENSI |
INDIKATOR
|
1.
| READING (Membaca)Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure,maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari. | Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message,advertisement, announcement, invitation. |
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentukprocedure. | ||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentukdescriptive. | ||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount. | ||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu /informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative. | ||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report. | ||
2.
| WRITING(Menulis)Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari. | Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentukrecount/narrative sederhana. |
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentukdescriptive/procedure sederhana. | ||
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna. | ||
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna. |
kisi-kisi ujian nasional SMp/MTs IPA 2011-2012
NO | KOMPETENSI |
INDIKATOR
|
1.
| Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. | Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari. |
2.
| Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. | Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari. |
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari. | ||
3.
| Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari. | Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari. |
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu. | ||
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat. | ||
4.
| Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari. | Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang. |
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari. | ||
5.
| Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari. |
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan. | ||
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator. | ||
6.
| Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya. | Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari. |
7
| Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari. | Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari. |
8.
| Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat-sifat, dan perubahannya. | Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan. |
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan. | ||
9.
| Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan. | Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya. |
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia. | ||
10. | Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan. | Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup. |
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya. | ||
11. | Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. | Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem. |
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan. | ||
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus. | ||
12. | Menjelaskan sistem organ pada manusia. | Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya. |
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan. | ||
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya. | ||
Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya. | ||
Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya. | ||
Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia. | ||
13. | Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan | Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan. |
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar. | ||
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut. | ||
14. | Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat. | Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan padamakhluk hidup. |
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup. | ||
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel. | ||
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia. |
kisi-kisi ujian nasional SMP matematika
NO | KOMPETENSI | INDIKATOR |
1. | Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan. |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat atau bentuk akar. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret. | ||
2. | Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. | Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar. |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi. | ||
Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel. | ||
3. | Memahami bangun datar, bangun ruang, sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. | Menyelesaikan masalah menggunakan teorema Pythagoras. |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi. | ||
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang. | ||
4. | Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. | Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data. | ||
5. | Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian. |
Langganan:
Postingan (Atom)