Jumat, 05 Oktober 2012

Messi_Ronaldo



FOTO:Getty Images/David Ramos
Jakarta - Sejauh apa pun Anda berusaha menarik laga El Clasico sebagai laga sebuah tim, tetap saja tidak akan lepas dari sosok Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Siapa lebih hebat? Silakan pilih sesuai selera Anda.

Silakan lemparkan pertanyaan "Siapa yang lebih hebat; Messi atau Ronaldo?", maka Anda akan mendapatkan jawaban beragam, plus argumen-argumen yang mendukungnya. Atau, jika memang sudah kepalang fanatik, memberikan dukungan tanpa argumen sama sekali pun tak mengapa. Dalam dunia sepakbola, atau mungkin lebih tepatnya dunia mendukung klub bola beserta pemainnya, itu adalah hal yang wajar.

"Cristiano Ronaldo jelas pemain yang sangat bagus, namun saya lebih memilih Messi. Ia (Messi) luar biasa. Bukan hanya apa yang ia telah lakukan di atas lapangan, tetapi juga karena ia telah menjadi teladan dan idola anak-anak untuk saat ini," kata Gheorghe Hagi.

"Tak diragukan lagi, Cristiano lebih baik daripada Messi. Dia adalah pemain yang lebih lengkap. Saya akan memberikan (Ballon d'Or) kepada Cristiano. Dia mampu terus berada di puncak dan itulah hal tersulitnya," ucap Usain Bolt.

Hagi adalah gelandang jenius pada masanya dan mantan pemain Barcelona. Sementara Bolt adalah jenius di lintasan lari dan penggemar fanatik Manchester United, bekas klub Ronaldo. Masing-masing punya pendapat dan biarkanlah itu.

Messi dan Ronaldo memang unik. Messi memang sudah punya tiga trofi Pemain Terbaik, sementara Ronaldo baru satu. Ini biasanya juga jadi bahan perdebatan mengenai siapa yang lebih hebat. Tapi, tepikan itu, lihat performa mereka di lapangan, maka Anda akan menemukan bahwa keduanya sama-sama punya catatan yang abnormal (dalam artian baik).

Ronaldo punya 158 gol dalam 154 pertandingan bersama Real Madrid, sementara Messi 167 gol dalam 154 pertandingan bersama Barca --meski patut diingat juga bahwa masa Messi bermain untuk Barca lebih lama ketimbang Ronaldo untuk Madrid. Tidak ada satu pun pemain-pemain lain di generasi ini yang bisa menorehkan catatan segila keduanya.

Ronaldo sudah mencetak dua hat-trick dalam kurun waktu dua pertandingan terakhir. Ia adalah protagonis Madrid. Sementara Messi, kerap menjadi pemecah kebuntuan Barca. Dia memang bintang dan "jimat" untuk membuat Barca sempurna.

Jika dunia sepakbola pernah menemukan ikon pada Pele dan Diego Maradona, maka dunia sepakbola modern boleh jadi menemukan ikon pada Messi dan Ronaldo. Mereka hidup sezaman, beda dengan Pele dan Maradona yang hidup dan besar pada masa yang berbeda. Bleacher Report bahkan memberikan analogi bahwa Messi dan Ronaldo seperti The Beatles dan Elvis Pressley yang hidup pada waktu yang sama.

Elvis dan The Beatles, pada kenyataannya, tidak hidup satu zaman. Dalam suatu kesempatan, John Lennon pernah mengatakan bahwa bila tak ada Elvis, maka tidak akan ada The Beatles. Elvis adalah inspirasi bagi The Beatles. Namun, bayangkan jika mereka hidup dalam satu zaman. Dunia musik pun akan memiliki dua ikon yang sama besarnya.

Jika memang mereka hidup satu zaman, maka mana yang lebih hebat? Ronaldo atau Messi? Elvis atau The Beatles? Silakan berargumen dan pilih sendiri. Pada akhirnya, selera jugalah yang menentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar