Rabu, 05 Desember 2012

panggilan yang menyenangkan


 Sadarkah anda kalau panggilan yang tidak menyenangkan bisa meruntuhkan rasa harga diri seseorang. Tiap orang siapa pun dia pasti memiliki harga diri, tepatnya keinginan untuk dihargai.
Ada saja orang yang menggunakan panggilan untuk modalnya sebagai bahan bercandaan. Tapi yakin kah itu hanya sebatas bercandaan, jangan-jangan anda sudah terpleset menjadikan panggilan itu sebuah olok-olok bahkan pelecehan dan merendahkan.
Jangankan orang dewasa, bahkan anak kecil saja tidak menginginkan menerima panggilan yang menurutnya tidak menyenangan. Kadang kita orang tuanya atau keluarga dekatnya bermaksud bercanda, tapi ternyata anak kecil itu merasa direndahkan. Bahkan mereka bisa jadi menangis dan marah ketika pada waktu lain kita mengulanginya.
Apalagi panggilan tidak baik itu kita tujukan kepada sesama teman, yang sama-sama telah dewasa, bahkan ditujukan untuk orang yang lebih senior atau lebih tua. Walaupun panggilan tersebut diawali dengan mas atau mbak. Contohnya: mas virdut (aslinya: Virdi), mbak Dindong (aslinya dini), mas Marince (aslinya Marino).
TIDAK PANTAS sama sekali.
Saya melihat panggilan itu sangat tidak sopan bahkan melecehkan. Kenapa melecehkan karena panggilan itu diberikan oleh orang lain yang menggunakannya, bukan atas permintaan dari orang yang bersangkutan. Kalau orang yang bersangkutan memang meminta untuk dipanggil dengan panggilan atau julukan seperti itu, tentu bukan masalah.
Teman yuk berubah, berikanlah panggilan atau julukan yang baik dan menyenangkan bagi yang dipanggil. Jangan sampai ada orang yang tersakiti dan sedih karena panggilan anda.
Bagi anda yang pernah merasakan panggilan yang tidak menyenangkan, langsung saja minta kepada orang yang memanggil dengan panggilan yang tidak anda sukai tersebut untuk merubahnya. Berikan penjelasan langsung kalau anda tidak suka dengan panggilan tersebut.
Untuk menghindari anda mendapatkan panggilan yang tidak menyenangkan, saya memiliki tipsnya: Jangan pernah mengijinkan orang lain memanggil anda dengan panggilan yang tidak anda sukai.
Bila suatu saat ada orang yang memanggil anda dengan panggilan yang tidak menyenangkan, jangan pernah menyahut atau melayani orang tersebut.
Karena sekali anda menyahut dan melayani, itu tandanya anda mengijinkan orang itu memberikan panggilan tidak menyenangkan tersebut kepada anda.
Kalau pun orang tersebut ngotot tetap memanggil anda dengan panggilan tidak menyenangkan, langsung beri dia peringatan, gunakan kalimat ini: “Berikan lah panggilan kepada seseorang dengan panggilan yang baik”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar